Jumat, 01 September 2017

3 Prinsip Penting yang Bisa Dipraktikan dalam Mengasuh Anak

3 Prinsip Penting yang Bisa Dipraktikan dalam Mengasuh Anak

Salah satu aspek penting dalam peran orangtua adalah pengasuhan. Menjadi orangtua berarti Anda harus bisa mencintai buah hati dengan lebih baik dan harus mau untuk terus belajar. Ada beberapa prinsip yang bisa orangtua praktikkan dalam pengasuhan anak.

“Pertama, bahwa pengasuhan sebenarnya itu tujuannya jangka panjang, tetapi banyak orangtua yang melihatnya jangka pendek,” kata Najelaa Shihab, pendiri dari Keluarga Kita yang Parentopedia.net kutip dari Kompas (01/09).

Najela yang juga pendidik ini memberi contoh, banyak orangtua yang hanya memikirkan bagaimana anak bisa makan banyak, bukan bagaimana agar anak bisa memilih makanan sehat sendiri atau punya pola makan yang baik.

Kedua, orangtua harus selalu punya harapan yang tinggi dengan anaknya. Harapan tinggi ini harus dimiliki oleh orangtua. Mereka harus percaya bahwa anaknya bisa, walaupun pada saat tersebut dia tahu anaknya belum bisa melakukannya.

Terakhir, orangtua harus selalu cinta. Cinta ini, dijelaskan Najelaa, merupakan sebuah singkatan dari "cari cara, ingat impian tinggi, nerima tanpa drama, tidak takut salah, dan asyik main bersama".

Baca: Pola Asuh Ketat Malah Membuat Anak Jadi Pembohong

Untuk itu, orangtua harus mencoba berbagai macam cara dalam mendidik anak. Lalu, orangtua harus punya harapan yang tinggi pada anak dan menerima anak apa adanya. Usahakan untuk selalu asyik bersama anak sehingga melahirkan hubungan yang harmonis.

Tidak hanya itu, orangtua juga tidak boleh takut salah. Sebab, tidak segala hal yang dilakukan oleh anak dan orangtua akan selalu sempurna. Hal ini merupakan sebuah proses pembelajaran bagi semua pihak.
Load disqus comments

0 komentar