Selasa, 25 April 2017

Cara Mengajarkan Anak Bertanggung Jawab

Untuk mengajarkan anak tanggung jawab, beri si kecil kesempatan melakukannya.

Mengajarkan anak akan pentingnya tanggung jawab wajib dilakukan sedini mungkin. Orangtua mana yang tidak ingin memiliki anak yang bertanggung jawab? Terutama tanggung jawab pada diri sendiri seperti membereskan kamar, memelihara pakaian selalu bersih, dan tanggung jawab belajar.

Orangtua dapat memulai dari hal-hal kecil. Namun, itu akan berdampak pada hal-hal besar ketika anak dewasa kelak. Untuk mengajarkan anak tanggung jawab, beri si kecil kesempatan melakukannya. Seperti yang Parentopedia.net lansir dari Okezone, berikut cara mengajarkan anak bertanggung jawab.

Beri kesempatan

Kebanyakan orangtua takut anak terluka atau menanggung risiko bila gagal menyelesaikan tanggung jawabnya. Sehingga orangtua mengambil alih tanggung jawab anak. Alhasil, anak tidak pernah belajar dan menjadi pribadi yang bertangung jawab. Oleh sebab itu, beri anak kesempatan makan sendiri, mandi sendiri, membersihkan kamar mereka. Walau hasil awal berantakan, tetapi anak sudah mencoba. Selanjutnya kawal terus agar anak menyelesaikan tanggung jawabnya dengan benar.

Tunjukkan aturan yang benar

Biasakan menjaga kebersihan rumah. Beri standar tinggi mengenai persoalan kebersihan di rumah. Ketika anak menyadari dia selalu ada di lingkungan yang bersih, ajarkan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan. Sekalipun bila anak menumpahkan meses, minta dia membereskannya langsung.

Ingat, anak tak selalu benar melakukan “pekerjaan”

Ingat, hasil kerja anak tak sama dengan hasil pekerjaan Anda atau asisten rumah tangga. Tugas Anda adalah mengajarkan kebiasaan baik agar anak bertanggung jawab. Beri anak dukungan dan bantuan ketika dia harus melakukan pekerjaan rumah yang menjadi tanggung jawabnya.
Load disqus comments

0 komentar