Kamis, 27 April 2017

Cara Agar Anak Berprestasi di Sekolah

Jika orangtua ingin anak-anak berhasil meraih prestasi akademik, lakukan ini!

Meskipun memiliki kecerdasan bawaan, tanpa campur tangan orangtua mustahil seorang anak berhasil meraih prestasi yang diharapkan. Untuk memunculkan mental juara dalam diri anak tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Dibutuhkan ketekunan serta kesabaran, hingga anak-anak mamapu memahami dengan baik potensi dirinya.

Agar anak menjadi sukses di sekolah janganlah menjadi orangtua yang sekedar menyuruh anak melakukan sesuatu. Berikut trik dan saran yang Parentopedia.net lansir dari Keluarga.com dan Tabloid Nova yang harus orangtua pahami untuk memberdayakan anak:

1. Bantu anak-anak memiliki semangat belajar

Jika orangtua ingin anak-anak berhasil meraih prestasi akademik, maka tugas serta tanggung jawabnya tidak hanya sebatas memenuhi kebutuhan dasar anak. Lebih dari itu, orangtua perlu membantu mereka supaya memiliki semangat dalam belajar terlebih dahulu dengan cara menyediakan ruang belajar yang nyaman dan menemani anak-anak ketika mereka sedang belajar.

2. Berikan pujian dan kritikan kepada anak

Jadikan kebiasaan mengekspresikan dengan pujian maupun kritik ketika anak telah melakukan upaya keras, serius belajar di sekolah dan mencapai banyak hal akademis. Orangtua juga dapat menjelaskan keuntungan yang didapat dari belajar, seperti, menaikkan kebanggaan dan kepercayaan diri anak dan mendapatka peluang pekerjaan yang lebih baik.

3. Penuhi kebutuhan nutrisi anak

Untuk mengoptimalkan kecerdasannya, setiap hari anak-anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup terutama bagi kesehatan otaknya. Sedikitnya ada 9 jenis makanan peningkat kecerdasan otak yang disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, di antaranya: ikan, telur ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, susu, buah dan sayuran segar.

4. Berikan porsi seimbang untuk memberikan latihan

Semangati anak untuk menyelesaikan pekerjaan sekolahnya namun tetap upayakan anak bertanggung jawab dengan mengerjakannya sendiri. Berikan pertolongan hanya saat sangat diperlukan saja. Memberi terlalu banyak pertolongan dapat membuat anak terlalu bergantung pada orangtua. Sementara tak memberi bantuan sama sekali juga membuat anak frustasi.

5. Bantu anak-anak belajar secara efektif

Metode belajar yang digunakan oleh anak-anak sangat memengaruhi kemampuannya menyerap materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, metode belajar yang benar tidak hanya melalui banyak membaca dan hafalan saja. Ajarkan kepada anak-anak untuk selalu menggunakan metode belajar efektif seperti membuat rangkuman dari materi yang sedang dipelajari

6. Pastikan anak cukup tidur dan olah raga

Anak harus cukup tidur setiap malam dan sarapan dengan makanan bernutrisi setiap pagi. Selain itu ajak anak untuk berolah raga sesering mungkin. Bukan hanya menjadikan anak sehat, olah raga juga penting karena memberikan dampak pada otak. Olah raga sebelum jam belajar dimulai dapat meningkatkan fokus dan perhatian anak.

7. Bangun hubungan yang baik dengan guru

Orangtua butuh melakukan kerja sama dengan pihak guru di sekolah untuk mengetahui ada tidaknya kendala maupun hambatan yang dialami oleh anak saat belajar. Ketika orangtua secara tidak langsung ikut terlibat dalam proses belajar dan mengajar, orangtua akan mampu mengenali kesulitan yang dihadapi anak dan membantunya menemukan solusi yang tepat.
Load disqus comments

0 komentar