Rabu, 26 April 2017

Ayah Juga Berperan Penting dalam Pengasuhan Anak

Peran ayah tidak hanya untuk anaknya, tapi juga untuk menguatkan dan mendampingi sang ibu

Ibu telah mengandung anak selama 9 bulan dan berjuang dalam proses melahirkan. Praktis, peran ibu pun terbilang lebih besar dalam mengasuh anak. Namun, mengasuh anak bukan hanya tanggung jawab ibu. Idealnya, ayah dan ibu memiliki porsi seimbang dalam memberikan kasih sayang dan mengasuh sang buah hati. Seorang ayah juga punya peran penting dalam fase tumbuh kembang anak.

"Bagaimana pun juga pengasuh utama biasanya di dalam rumah tangga ini adalah ibu. Tentu saja tanpa mengesampingkan peran bapak, karena peran bapak pun luar biasa," ujar Indria Laksmi Gamayanti, M.Si, Psikolog, Ketua Kemuning Kembar dan Ketua Ikatan Psikologi Klinis.

Jangan sampai pemikiran mengenai pengasuhan hanya mementingkan peran seorang ibu. Memang seorang ibu paling utama, tapi peran ayah juga dibutuhkan. Peran ayah tidak hanya untuk anaknya, tapi sangat dibutuhkan untuk menguatkan dan mendampingi sang ibu. Peran seorang ayah ini juga penting, seperti menjalin kedekatan hubungan dan komunikasi antara ayah dengan anaknya.

Kedua peran dari ayah dan ibu ini sangat penting. Selain baik dalam pembentukkan karakter, anak juga akan lebih akrab anak dan membuat anak percaya pada orantuanya. Pengasuhan yang dilakukan bersama-sama juga bisa membuat keluarga lebih harmonis sekaligus langgeng. Suasana tersebut akan membuat anak tidak akan tergantung oleh salah satu orangtuanya.

"Pada intinya, dalam pengasuhan harus ada keseimbangan. Sebab, kebutuhan anak akan sentuhan ibu dan ayahnya itu sama besarnya," tutupnya. kata Indria yang Parentopedia.net kutip dari Kompas (15/04).
Load disqus comments

0 komentar