Selasa, 07 Februari 2017

Jangan Hanya Fokus Anak Pintar Lalu yang Lain Dilupakan

Jangan Hanya Fokus Anak Pintar Lalu yang Lain Dilupakan

Pertanyaan penting untuk semua orangtua. Apa tujuan Anda mengasuh anak? Sudahkah Anda menetapkan target tujuan apa yang iingin dicapai anak? Apakah hanya pintar saja? Berani? Percaya diri? Bisa bekerja di kemudian hari? Atau sehat?

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan Pakar Pendidikan Najeela Shihab untuk mencoba membawa para orangtua berpikir apa tujuan mereka. Menurutnya, kebanyakan orangtua belum tahu arah tujuan mereka mendidik anak. Ini disampaikanya saat mengisi acara talkshow bertema anak di Jakarta.

"Terkadang hanya pintar saja, atau nilai sekolah bagus. Sementara, tujuan lainnya tidak dipikirkan," kata Najeela yang Parentopedia kutip dari okezone.com (07/02).

Lalu jika tujuannya hanya pintar di sekolah, orangtua jadi lupa membangun karakternya, lupa memikirkan makanan sehat, dan lupa yang lainnya. Padahal, mendidik anak tujuannya mencakup banyak hal, tidak hanya pintar saja.

"Bagaimana mendidik anak terampil, mental dan fisik sehat, berkarakter kuat, serta menjaga anak berada pada lingkungan yang positif," kata Najeela.

Jika itu dibangun, maka kebaikan-kabaikan lainnya akan terpenuhi. Anak yang tinggal di rumah bersih dan makan-makanan sehat, maka pertumbuhannya bagus, perkembangan otaknya optimal, maka anak menjadi pintar.
Load disqus comments

0 komentar