Senin, 09 Januari 2017

Tips Mengajarkan Kejujuran Agar Anak Tak Suka Berbohong

Tips Mengajarkan Kejujuran Agar Anak Tak Suka Berbohong

Mengajarkan anak disiplin dengan memberikan hukuman tak selamanya baik, bisa jadi anak malah jadi suka berbohong. Lantas apa yang harus orangtua lakukan agar anak berhenti berbohong? Inilah tips mengajarkan anak bahwa kejujuran merupakan kebaikan seperti dilansir dari Situs Feminain.

Jangan asal beri hukuman

Memberikan hukuman agar anak tidak berbohong, lebih sering tak berhasil dibanding berhasil. Anak-anak berbohong untuk menghindari konsekuensi dari tindakan mereka. Beri anak ruang untuk datang dan mengaku, dan anak mungkin benar-benar merasa tidak perlu mengarang cerita.

Menghargai kebenaran

Ketika anak Anda akhirnya mengumpulkan keberanian untuk mengatakan yang sebenarnya, pastikan Anda mengakui dan menghargai itu dengan mendengarkan tanpa menghakimi atau menyimpulkan.

Memecahkan masalah bersama

Setelah anak Anda mengaku, duduk bersama untuk mencari solusi. Ini memberi anak kepercayaan diri bahwa mereka tidak hanya bisa curhat dengan orangtua, tetapi Anda sebagai orangtua juga membantu mereka.

Biarkan anak membuat pilihan

Mau menonton televisi atau pakaian yang akan dipakai, seringnya orangtua yang memutuskan. Sebaliknya, biarkan anak berbicara dalam hal ini, sehingga mereka tahu pendapat mereka juga dihormati. Ini akan menghindarkan anak berbohong.
Load disqus comments

0 komentar