Kamis, 05 Januari 2017

Dongeng yang Dibacakan Ayah Miliki Manfaat Lebih Bagi Anak

Dongeng yang Dibacakan Ayah Memiliki Manfaat Lebih Bagi Anak

Dongeng yang dibaca oleh para ayah memiliki manfaat lebih bagi anak-anak, terutama anak perempuan. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian terbaru dari Harvard University.

"Efeknya sangat besar, terutama jika ayah mulai membacakan berita bagi sang anak dibawah usia dua tahun." kata Elisabeth Duursma dikutip dari Kompas.

Jika wanita atau ibu biasanya lebih menggurui sang anak saat membaca dongeng, seperti kalimat: "Berapa jumlah apel yang kau lihat?", maka para ayah memiliki cara yang berbeda untuk mengungkapkannya.

Ayah cenderung memancing imajinasi anak dengan diskusi imajinatif, bukan fakta seperti pertanyaan yang dilontarkan para ibu. Para ayah cenderung akan berkata, "Oh lihat, ada tangga. Kau ingat ketika ayah menaruh tangga di mobil ayah?"

Melalui memancing imajinasi anak dan berdiskusi, peneliti menemukan hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena lebih menantang secara kognitif dan membuat anak berpikir jauh lebih keras.

Tak hanya itu, Ahli parenting, Justin Coulson juga mengatakan bahwa mendongeng memberi manfaat lain yang berguna, yakni dapat meningkatkan kualitas hubungan anak dengan orangtua serta membuat anak menjadi lebih bahagia.

"Ketika kita mendongeng untuk anak, maka kita memperbanyak kosa kata mereka. Kita menolong mereka untuk merasa aman dan hal ini dapat meningkatkan kapastitas mereka untuk belajar," kata Coulson.

Tugas mendongeng selama ini lebih banyak dilakukan oleh para ibu, ada baiknya mulai malam ini coba menyerahkan rutinitas tersebut pada para ayah. Mari mulai budayakan mendongeng untuk buah hati tercinta!
Load disqus comments

0 komentar