Selasa, 03 Januari 2017

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Mendidik Anak


Supaya anak tumbuh jadi anak yang disiplin dan punya perilaku baik, orangtua melakukan berbagai cara. Namun, banyak orangtua yang justru melakukan kesalahan dalam mendidik anak. Akhirnya itu malah membuat anak menjadi sosok yang tidak disiplin. Maka sebaiknya orangtua menghindari hal-hal berikut ini seperti dilansir dari Tabloid Nakita, ketika sedang mengasuh serta mendidik anak.

1. Tidak menjadi contoh yang baik

Jangan harap ingin anak punya kata-kata yang santun dan lembut jika orangtua kerap mengumpat atau mengatakan kata kasar. Anak benar-benar meniru dan melihat apa yang ada di sekitarnya. Jadi, beri contoh dan praktikkan cara tepat dalam bersosialisasi dengan orang lain. Jangan lupa berikan contoh soal sopan santun misalnya mengucapkan terima kasih ketika mendapatkan pertolongan.

2. Mendidik setiap anak dengan cara yang sama

Tahukah, bahwa setiap anak sudah memiliki karakternya? Jadi, jangan samakan cara mendidik sang kakak dengan adik sebab mereka punya cara masing-masing. Misalnya pada anak yang sensitif, sebaiknya tidak banyak menggunakan cara yang keras dan terlalu ketat. Hal ini akan membuat anak depresi dan menganggap orangtua adalah sosok yang jahat untuknya. Maka lebih baik sesuaikan dengan sikap bawaan yang dimiliki si kecil.

3. Terlalu banyak melarang

Memang baik untuk melarang si kecil, namun jangan sampai melarang hal-hal yang sebaiknya baik untuknya. Misalnya anak yang bermain di luar ruangan untuk bereksplorasi. Orangtua jangan melarangnya sebab kesalahan dalam mendidik anak yang sering terjadi adalah larangan tersebut dilakukan karena orangtua malas untuk menjaganya. Banyak orangtua yang memilih cara aman dan mudah sehingga lebih baik melarang anak untuk melakukan eksplorasi dengan lingkungan sekitarnya.
Load disqus comments

0 komentar