Kamis, 27 Oktober 2016

Ucapan Ini Berdampak Buruk bagi Perkembangan Anak

Ucapan Ini Berdampak Buruk bagi Perkembangan Anak

Ada beberapa kalimat yang kadang terlontar tak sengaja kepada anak tercinta, namun membuat kita menyesal telah mengatakannya kepada mereka. Ternyata, kalimat-kalimat itu bukan saja tidak enak didengar, tetapi juga berpengaruh buruk pada perkembangan psikologis anak. Berikut ucapan-ucapan yang harus kita hindari tersebut, seperti yang dilansir dari theasianparent.

1. "Kenapa sih anak ibu seperti ini?"

Seringkah Anda mengatakan hal itu ketika sedang marah dan kesal kepada anak kita? Ucapan itu seringkali terlontar tanpa kita sadari, namun sangat besar dampaknya bagi perkembangan psikologis anak kita.

Anak yang sudah dapat berpikir kritis akan berpikir bahwa kita menyesal telah memiliki anak seperti dirinya. Ia akan merasa tidak diterima dengan baik, dan tidak dicintai apa adanya. Padahal kita tidak bermaksud seperti itu bukan?

2. "Ini bukan urusan anak kecil"

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Namun, hindarilah kalimat tersebut bila Anda tidak ingin si Kecil mengetahui hal yang belum layak ia ketahui. Jelaskan dengan cara yang cerdas tanpa menekankan bahwa mereka masih kecil.

Tahukah Anda, rata-rata anak kecil sangat ingin menjadi besar, alias seperti orang dewasa! Biarkan mereka merasa dirinya sudah lebih besar, dan hal ini akan memudahkan kita untuk mengajarkan rasa tanggung jawab kepada mereka.

3. "Nanti ayah/ibu tidak sayang lagi ya!"

Semua kalimat ancaman tidak baik untuk mereka, apalagi mengancam tidak sayang lagi kepada mereka. Mereka dapat mengingat kalimat ini hingga dewasa, walaupun saat ini masih balita. Selain itu, kita tentu ingin mereka berperilaku baik tanpa disebabkan oleh rasa takut bukan?
Load disqus comments

0 komentar