Selasa, 11 Oktober 2016

Pola Asuh Ketat Malah Membuat Anak Jadi Pembohong


Gaya asuh yang ketat disebut berpotensi menyebabkan kecenderungan anak berbohong. Psikoterapis Philippa Perry mengatakan, sekolah dengan sistem pendidikan keras membuat anak merasa tidak aman mengatakan yang sebenarnya.

Pernyataan tersebut juga diperkuat hasil studi yang dilakukan psikolog Kanada Victoria Talwar bernama Peeping Game. Penelitian ini melibatkan dua sekolah di Afrika Barat yang punya aturan berbeda yakni ketat dan santai.

Anak-anak pada dua sekolah untuk mengidentifikasi objek bersuara yang tersembunyi. Lantas, peneliti meninggalkan ruangan dan kembali meminta anak menyebutkan nama benda tersebut serta menanyakan apakah mereka mengintip.

Talwar menemukan bahwa jumlah siswa yang berbohong dari kedua sekolah relatif sama. Namun, anak-anak dari sekolah yang ketat lebih cepat berbohong dan melakukannya dengan sangat efektif.

Mengutuk dan menindak keras anak yang berbohong tidak akan memberikan dampak positif apapun. Dengan kata lain, sekolah justru menjadi mesin yang semakin menjerumuskan mereka.

"Kita bisa mencari tahu dan mencegah terjadinya kebohongan, tapi menjadi kejam dan kaku tidak akan membuat keadaan jadi lebih baik," kata Perry yang dilansir dari Republika.
Load disqus comments

0 komentar