Kamis, 20 Oktober 2016

Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Memberi Pujian


Anak-anak rentan sekali terhadap tekanan karena bullying atau komentar-komentar negatif di media sosial. Tak pelak, mental anak mudah sekali ambruk. Mereka menjadi cepat rendah diri dan minder. Bahkan, anak bisa depresi karena tak sanggup menyikapi bullying yang menghujani diri mereka.

Psikolog Anak dan Remaja, Monica Sulistiawati mengatakan anak harus dibekali self-esteem. Bahwa mereka punya harga diri sehingga tidak mudah percaya dengan perkataan negatif orang-orang kepada dirinya.

"Tugas orangtualah untuk mengatakan hal-hal positif tentang diri si anak. Jadi meskipun orang-orang menilainya buruk, anak yakin bahwa itu tidak benar dan perkataan orangtua benar," kata Monica yang dikutip dari Okezone.

Misalnya teman-teman mengejek anak dengan objek kekurangan fisik, pendek atau keribo. "Nah, maka tugas orangtua untuk memberi tahu kelebihan anak. Seperti. ‘Kamu pintar, bisa main piano, atau senyum kamu manis,” terang Monica.

Kata-kata pujian semacam itu memberi efek luar biasa bagi mental anak. Bahwa mereka punya kelebihan. Sehingga, mereka tidak mudah rapuh, galau, bahkan stres.
Load disqus comments

0 komentar