Sabtu, 08 Oktober 2016

Ketika Anak Banyak Bertanya, Jangan Dijawab Asal-asalan!

Ketika Anak Banyak Bertanya, Jangan Dijawab Asal-asalan!

Jika anak Anda banyak bertanya itu adalah hal yang wajar. Itu karena mereka baru belajar mengenal kehidupan dan ingin tahu banyak hal. Orangtua harus membantu anak untuk mendapat jawaban yang tepat.

Namun, tidak semua orangtua suka dicecar pertanyaan oleh anak. Bahkan, ada orangtua yang marah, memberi jawaban sekenanya, atau menjawab asal-asalan kepada si buah hati yang bertanya.

Seperti yang dilansir dari Okezone (08/10), berbahaya akibatnya jika orangtua menjawab asal pertanyaan anak. Apalagi jika informasi yang disampaikan salah fatal.

"Misalnya anak bertanya, ‘Kenapa harus makan sayur?’ Tetapi Dijawab karena kalau tidak makan nanti giginya bolong," kata Psikolog Anak dan Remaja, Monica Sulistiawati.

Dengan begitu, orangtua sama saja memberi informasi yang salah pada anak. Akhirnya mereka gagal memahami pengetahuan yang sebenarnya. Apabila anak tidak puas, kemudian bertanya lagi tetapi juga tidak dijawab, yang terjadi akan lebih buruk.

"Anak akan mencari jawaban di luar, yang juga belum tentu benar sehingga pengetahuannya salah. Atau mereka coba berasumsi dan menyimpulkan sendiri suatu hal yang membuat dirinya penasaran," kata Monica.
Load disqus comments

0 komentar