Minggu, 09 Oktober 2016

Dampak Orangtua Malas Menjawab Ketika Anak Banyak Bertanya


Ketika anak sudah mulai pandai bicara, mereka menjadi ceriwis. Ada saja pertanyaan yang dilontarkan kepada ayah dan ibu. Kadang, orangtua sampai kewalahan menanggapinya. Sebenarnya itu hal yang wajar karena mereka baru belajar mengenal kehidupan dan ingin tahu banyak hal.

Sangking lelahnya, orangtua malas meladeni pertanyaan buah hati mereka. Psikolog Anak dan Remaja, Monica Sulistiawati yang dilansir dari Okezone (09/10) mengaku sangat khawatir bila orangtua mulai malas menjawab pertanyaan si kecil.

"Dampak dari orangtua yang malas menjawab pertanyaan si kecil justru membuat anak jadi malas bertanya juga. Anak jadi merasa tak perlu bertanya, karena tak akan dijawab juga pertanyaannya," kata Monica.

Di sisi lain anak menjadi pasif, tidak percaya diri, dan acuh terhadap hal-hal yang awalnya mengusik keingintahuan mereka. Selain itu, inisiatifnya terhambat, dan tidak bertumbuh sesuai masa perkembangannya.

"Kapasitas kognitif anak menjadi mandek, inisiatifnya terhambat, dan tidak bertumbuh sesuai masa perkembangannya. Lebih berbahaya lagi jika anak merasa bersalah apabila mereka bertanya karena merasa telah mengganggu orangtua atau orang lain yang mereka tanyakan," terang Monica.
Load disqus comments

0 komentar