Senin, 31 Oktober 2016

Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget
Di depan anak ayah dan ibu harus menahan diri untuk tidak bermain gadget (foto: chip.co.id)
Berbeda dengan generasi Anda, anak-anak yang lahir di era 2000-an atau juga dikenal Generasi Z terbiasa hidup dalam dunia yang sudah serba digital. Ketika orangtua membiasakan anak bermain gadget, akan ada risiko anak kecanduan.

Jika anak terlalu sering terpapar gadget, ini berbahaya bagi anak. Hal ini dikatakan Psikolog Anak Rininta Mey Tanoria. Menurutnya, dampaknya bisa menyebabkan sekolah terganggu dan anak susah diajarkan disiplin.

"Ketika anak sudah lebih dari satu jam sehari dalam penggunaan gadget, maka orangtua harus membuat kesepakatan baru," kata Rininta yang dikutip dari Okezone.

Untuk mengurangi kecanduan itu, hilangkan aktivitas yang disukai anak. Kalau anak suka main bola maka dia tidak boleh main bola kalau main gadget lebih dari satu jam. Bisa juga dengan mengurangi waktu yang biasa akan pakai untuk bermain gadget.

Selebihnya orangtua harus jadi role model. Ketika di depan anak ayah dan ibu harus menahan diri untuk tidak bermain gadget. Tunggu sampai anak tidur baru pegangn gadget lagi. Lakukan itu agar anak lihat orangtua juga tidak melakukan apa yang mereka larang.
Load disqus comments

0 komentar