Minggu, 16 Oktober 2016

Akibat Memanjakan Anak Terbawa Sampai Dewasa

Akibat Memanjakan Anak Terbawa Sampai Dewasa

Orangtua selalu memberikan apa yang anak ingin sebagai wujud besarnya rasa sayang. Mulai dari mainan, buku, makanan, sampai aktivitas yang ingin anak lakukan. Namun, efeknya anak menjadi manja.

Terlalu menuruti keinginan anak tidak baik bagi perkembangan kepribadiannya. Anak tidak hanya manja di rumah, tetapi juga di lingkungan luar. Bahkan terbawa sampai ke tempat kerja.

Psikolog Klinis, Liza Marielly Djaprie mengatakan Efeknya bisa terbawa sampai sudah bekerja. Di kantor dia tidak bisa bekerja sama dengan tim, tidak bisa mengikuti peraturan kantor yang ketat, atau tidak mampu bersaing secara kompetitif.

Karena saat kecil sering sering dibela dan dimenangkan, sehingga di kantor dia tidak mau kalah, ingin pendapatnya saja yang didengar. Secara kompetisi dia juga tidak kuat bersaing lantaran sejak kecil tidak diajarkan berusaha keras untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

"Dari sisi sikap, si anak yang diasuh dengan pola dimanjakan akan berperilaku buruk. Misalnya, seenaknya menyuruh office boy, tidak santun kepada atasan, dan tidak dengan rekan kerja," kata Liza yang dikutip dari Okezone.
Load disqus comments

0 komentar