Jumat, 14 Oktober 2016

Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan, Ini Manfaatnya


Ada baiknya anak-anak tidak hanya bermain di dalam ruangan, manfaat dari bermain bagi anak akan lebih terasa saat anak bermain di luar ruangan. Anak belajar untuk mengalami sendiri sehingga perkembangan secara kognitif dan sosial bisa lebih optimal.

Saat bermain di luar ruang, anak-anak akan bertemu dengan banyak teman. Sang anak juga bisa mempelajari hal-hal baru dan kapan harus menggunakan keahlian tersebut. Bermain di luar ruangan juga akan memuaskan apa yang menjadi kebutuhan mereka.

"Salah satu tugas perkembangan anak adalah sebetulnya mereka mengeksplorasi sekeliling termasuk orang lain yang berpengaruh penting," kata Psikolog spesialis anak, Retno Dewanti Purba, yang Parentopedia.net kutip dari Republika.

Bermain bagi anak sebenarnya juga dapat digunakan untuk mengajari dan menanamkan mereka berbagai macam hal. Retno mencontohkan, sembari bermain, anak-anak dapat diperlihatkan bagaimana cara membersihkan diri dengan benar.

Hal itu, bisa dilakukan dengan menggunakan medium gambar atau menyontohkan langsung hal yang akan diajarkan dan dilakukan secara berulang. Ini lantaran kondisi kognitif anak masih belum sempurna sehingga lebih mudah diterima anak dengan bantuan visual.
Load disqus comments

0 komentar